Preloader Close
img

FGD Sustainability Action regarding Mass Transportation Development for Carbon Emission Reduction

Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung (SAPPK ITB) bersama PT Jababeka Infrastruktur melakukan FGD terkait pengembangan transportasi massal untuk mendukung pengurangan emisi karbon. FGD ini turut melibatkan tenant yang merupakan anggota Jababeka Net Zero Industrial Cluster Community (NZICC) di dalamnya  karena, agenda ini sejalan dengan tujuan Jababeka NZICC Sustainability Roadmap dalam mencapai target net zero emission di Kawasan Industri Jababeka pada tahun 2050 dan selaras dengan deklarasi menuju net zero emission oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 2060.

Kegiatan yang dilaksanakan di President Executive Club, pada Rabu, 1 November 2023 ini membahas mengenai Kajian Kelayakan Teknis Pengembangan MRT E-W Phase 2 (Section Jawa Barat). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengkaji berbagai isu, masalah, dan tantangan terkait pengembangan MRT East-West Phase 2 (Section Jawa Barat) yang akan dihadapi oleh sektor industri dan perdagangan/jasa yang berada di sekitar jalur perpanjangan MRT. FGD ini tidak hanya dihadiri oleh para ahli/akademisi dari ITB dan anggota Jababeka NZICC, namun kegiatan ini juga dihadiri oleh Pihak Pemerintahan yang berasal dari Kementerian Perhubungan RI, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Bappeda Kabupaten Bekasi, serta Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi.

Ada tiga sasaran utama dalam FGD ini, yang pertama adalah pemaparan hasil pengumpulan data dan analisis permintaan berdasarkan survei rumah tangga. Kedua yaitu mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari pengembangan MRT East-West Phase 2 (Section Jawa Barat) oleh sektor industri dan perdagangan yang berada disekitar jalur perpanjangan MRT serta yang terakhir adalah identifikasi perspektif pemerintah terhadap tantangan dan hambatan pengembangan MRT East-West Phase 2 (Section Jawa Barat). Diharapkan dapat meningkatkan produktivitas area sekitar jalur perpanjangan MRT khususnya Kawasan Industri Jababeka.

Cynthia Hendrayani, Chief Operating Officer Jababeka Infrastruktur, membuka acara ini dan menyampaikan bahwa penggunaan transportasi publik sangat memiliki pengaruh yang besar terhadap pengurangan emisi karbon dan menekankan bahwa infrastruktur adalah investasi di masa depan sehingga jelas sekali apa yang dilakukan hari ini akan membawa dampak yang besar kedepannya, sehingga harapannya melalui kegiatan ini nantinya para pemangku kepentingan mendapatkan gambaran terkait pergerakan masyarakat di Kabupaten Bekasi, menemukan preferensi moda transportasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta memiliki manfaat sosial dan ekonomi yang sesuai dengan pengembangan infrastruktur khususnya dalam target pengurangan emisi karbon dari kendaraan pribadi.

Dr. Ibnu Syabri selaku Ketua Tim dan Tenaga Ahli Kajian Kelayakan Teknis Pengembangan MRT East-West Phase 2 (Section Jawa Barat) mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta FGD khususnya tenant-tenant dari anggota Jababeka NZICC dimana dalam FGD ini sangat menambah pemahaman terkait dampak infrastruktur terhadap pembangunan ekonomi yang berkaitan dengan kesejahteraan para pekerja di perusahaan yang sebelumnya menggunakan transportasi yang mahal namun dengan adanya transportasi publik nantinya secara tidak langsung memberikan pengaruh baik dimana pekerja merupakan elemen penting dalam perusahaan, dengan transportasi publik karyawan dapat masuk kerja lebih tepat waktu, produktif, dan meningkatkan kualitas pekerjaan

FAQ