Preloader Close
img

Jababeka Bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Mengadakan Uji Emisi Gratis Di Stadion Wibawa Mukti

Cikarang, 05 Juni 2024 - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jababeka bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi mengadakan Uji Emisi Gratis bagi kendaraan roda dua dan roda empat. Kegiatan ini dilaksanakan di Stadion Wibawa Mukti, Sertajaya, Kec. Cikarang Timur, dimulai dari pukul 09.00 wib - 14.00 wib yang memiliki target 200 kendaraan beroda dua sebanyak 50 kendaraan dan roda empat sebanyak 150 kendaraan dengan kategori kendaraan dalam Uji Emisi Gratis ini adalah kendaraan pribadi.

Berbeda dengan uji emisi gratis sebelumnya yang dilakukan tahun 2023 lalu di Kawasan Industri Jababeka Tiga yang menargetkan semua kendaraan mulai dari angkutan umum, angkutan barang, dan kendaraan pribadi. Uji emisi di Kabupaten Bekasi ini di targergetkan dilaksanakan 2 kali dalam setahun, pada saat Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan juga Hari Jadi Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dr. H. Dani Ramdan, M.T. selaku PJ Bupati

Bekasi yang meninjau langsung kegiatan Uji Emisi Kendaraan Gratis ini, beliau menyampaikan bahwa Uji Emisi Gratis ini akan menjadi agenda berkelanjutan karena melihat antusias masyarakat yang mengikuti kegiatan Uji Emisi Gratis hari ini. Tentunya beliau juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Kawasan Industri Jababeka yang mendukung kelancaran kegiatan hari ini. “Saya sangat mengapresiasi peran serta Kawasan Industri dan Perumahan Jababeka yang selalu aktif terlibat dengan kami dalam berkegiatan pro lingkungan misalnya kegiatan Uji Emisi Gratis ini kita laksanakan di Kawasan Industri Jababeka.

Kemudian Jababeka punya taman botanical yang itu adalah hutan kota kita, paru – paru kota kita yang dirawat dengan baik dan tanamannya terus di tambah. Demikian dengan kawasan – kawasan permukiman dan industrinya setiap jengkal lahan kosongnya di tanami tanaman – tanaman penghijauan.” Ungkap Dani Ramdan. Pj Bupati Bekasi juga menyebutkan bahwa Kawasan Industri Jababeka dapat menjadi contoh untuk Kawasan – Kawasan Industri lainnya untuk menjadikan Kawasan Industri bukan hanya hutan beton saja.

“Saya kira ini menjadi contoh teladan dan inspirasi bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi khususnya pengelola Kawasan Industri lainnya untuk menjadikan Kawasan Industri bukan semata hutan beton tetapi juga hutan pohon.” Ungkap Dani Ramdan. Berdasarkan hasil perhitungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, total kendaaraan yang telah di uji adalah sebanyak 129 kendaraan. Dimana terdapat 17 kendaraan yang terdiri dari dari angkutan umum, angkutan barang, dan kendaraan pribadi yang tidak lulus uji emisi. Dan terdapat 117 kendaraan yang terdiri dari angkutan umum, angkutan umum AKDP, angkutan barang, dan kendaraan pribadi yang sudah lulus uji emisi.

Kepala Bidang Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Duarte Fernandes mengucapkan rasa terima kasih kepada Kawasan Industri Jababeka karena selalu mendukung kegiatan yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup di dalam Kawasan Industri Jababeka. “Saya sangat mengapresiasi atas bantuan dan support dari Kawasan Industri Jababeka selama ini sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan Uji Emisi gratis hari ini. Saya juga harap hal – hal seperti ini berlanjut dan kita sama – sama menjaga lingkungan dan akan diadakan penanaman pohon untuk mengurangi polusi udara yang ada di Kabupaten Bekasi.” Ungkap Fernandes.

Kendaraan yang telah di uji emisi, akan terdaftar pada APP Siumi yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Permen No. 8 tahun 2023. Saat ini belum ada penilangan dan penindakan terkait hasil uji emisi yang tidak lulus uji. Pengujian emisi gratis ini merupakan sosialisasi bagi masyarakat dan juga bentuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia. Kegiatan ini diharapkan dapat di laksanakan kembali oleh pemerintah Kabupaten Bekasi dan kami siap untuk mendukung dan mensukseskan acara ini lebih lanjut

FAQ