Preloader Close
img

Kolaborasi Member Jababeka NZICC pada Festival Hari Bumi 2024 Bersatu Melestarikan Bumi untuk Masa Depan

Cikarang 24 April 2024 - Dalam rangka memperingati Hari Bumi 2024, salah satu member Jababeka NZICC, PT Nippon Steel Chemical And Material Indonesia bersama dengan  PT MANE Indonesia  bekerjasama menyelenggarakan Festival Hari Bumi 2024 dengan tema "We Share We Care: Sustainability Tribute to Earth and Humanity". Kontributor lain yang turut mendukung pelaksanaan kegiatan ini adalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) dan President University. Festival ini diadakan pada tanggal 24 April 2024 di President University, Jababeka.  

Festival yang dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk  praktisi industri, dan pelajar dari beberapa sekolah di Cikarang ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengurangi penggunaan plastik demi kelestarian bumi. Acara dibuka oleh Vice Rector 2 for Resources of President University ,Prof. Dr. Retnowati, S.Th., M.Si. , dilanjutkan oleh Chief Operating Officer (COO) PT Jababeka Infrastruktur Cynthia Hendrayani . Sambutan berikutnya diberikan oleh  HRGA & HSE Manager Nippon Steel Chemical And Material Indonesia Dr. Yayan Heryana, MM. MH. , dan penutup sambutan secara virtual disampaikan oleh Dra. Jo Kumala Dewi, M.Sc. selaku Direktur Kemitraan Lingkungan PSKL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI). 

Dalam sambutannya, COO PT Jababeka Infrastruktur Ibu Cynthia Hendrayani menekankan pentingnya penanganan sampah sebagai program keberlanjutan lingkungan dimana sebagai  pengelola Kawasan Industri, Jababeka juga turut berperan dalam penanganan sampah hingga penurunan emisi. 

“Menyadari hal ini Jababeka-Infra dalam perannya sebagai penyedia infrastruktur menempatkan sustainable urban infrastruktur termasuk penanganan sampah dan transportasi, dalam road map kami dalam framework keberlanjutan lingkungan. Saat ini, JI telah membentuk department Urban Infrastruktur yang berfokus untuk mendorong realisasi dua infrastruktur pelayanan publik yang berkaitan dengan pelayanan sampah yaitu infrastruktur Waste to Energy yang berfokus pada “combustible waste”, dan infrastruktur Biodigester yang berfokus pada menuntaskan degradable waste. Selain dari menyelesaikan issue sanitasi secara mendasar, kedua-duanya juga berdampak pada penurunan emisi karbon dari total kawasan.”, ujar Cynthia – sapaan akrabnya.  

Dr. Yayan Heryana, MM. MH., selaku pihak pelaksana menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, terutama dukungan baik dari KLHK RI, President University maupun Jababeka sebagai pihak pengelola kawasan. Ia berharap acara ini dapat menumbuhkan kesadaran serta kolaborasi antar pihak untuk melakukan aksi nyata dalam pelestarian lingkungan. 

Dra. Jo Kumala Dewi, M.Sc. menyampaikan pesan untuk mengurangi penggunaan plastik dan mengajak untuk mengedukasi sesama masyarakat tentang bijak dalam penggunaan plastik demi meningkatkan kepedulian terhadap masa depan planet bumi. 

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan juga seremonial penyerahan bibit tanaman dari perusahaan yang menjadi kontributor ke pihak petani. Acara ditutup dengan talkshow dengan beberapa narasumber  yaitu oleh  Dr. Rijal Hakiki STT., MT selaku Dosen President University  dengan topik “Membangun SDM Unggul : Membumikan Kesadaran dan Kepedulian Terhadap Bumi dan Kemanusiaan”, kemudian Ir. Bambang Sudiarto, M.M. selaku Mantan Dosen / Peneliti Universitas Padjajaran  dengan topik “Sampah Bukan Limbah : Peluang dan Tantangan”, sesi terakhir yaitu dengan Ir. Henri Parulian Saragih selaku Head of EHS & CSR PT MANE Indonesia dengan topik “Pengelolaan Limbah Organik Industri”. 

Festival Hari Bumi 2024 ini menjadi rangkaian awal dimana puncak akhir program tersebut yaitu seluruh pihak yang terlibat menjadi kontribusi akan melakukan Penanaman 1.015 pohon di Gunung Puntang. Bibit tanaman berasal dari KLHK RI dan Jababeka. Adapun tanaman yang disumbangkan KLHK RI berasal dari persemaian Rumpin dan Persemaian Cimangis dengan jenis: Manglid, Mahoni, Eukaliptus, Kayu Kencana, Salam, Kayu Putih, Nangka, Sirsak, Jambu Kristal, Jambu Jamaika, Jeruk Limo, Alpukat, Jambu Citra, Durian MK, Durian Otong, Kelengkeng, dan Mangga Lalijiwo. Sementara itu,  tanaman dari Jababeka terdiri dari tanaman Bintaro, Angsana dan Trembesi. 

Distribusi bibit tanaman kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) akan dilaksanakan  pada tanggal 27 April 2024. Pelaksanaan penanaman dan monitoring penanaman bibit dilakukan bersama beberapa Mahasiswa President University sebagai social project. Lokasi Penanaman di Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bukit Amanah Gunung Puntang tepatnya di Desa Campaka Jalan Palalangon, Pasirmulya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. 

Festival Hari Bumi 2024 merupakan sebuah acara edukatif dan inspiratif yang diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan. Dengan bersama-sama mengurangi penggunaan plastik dan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, kita dapat membangun bumi yang lebih baik untuk generasi mendatang. 

FAQ