Preloader Close
img

Kunjungan Delegasi Czech Republic ke Jababeka untuk Sharing Session Waste Management (Pengelolaan Sampah)

Cikarang, 10 Juni 2024 - Satu sesi kunjungan telah berlangsung Company Visit di MovieLand Jababeka, di mana delegasi dari Czech Republic didampingi oleh staf Kedutaan Besar Czech Republic di Indonesia, serta beberapa tim dari Jababeka melakukan diskusi. Kunjungan yang bertajuk Waste Management Mission ini memiliki tujuan utama untuk membangun jaringan, berbagi pengetahuan, serta mengeksplorasi peluang bisnis dan kerjasama yang bernilai, terutama terkait pengelolaan sampah, atau waste management antara Czech Republic dengan Jababeka.

Acara dimulai dengan sambutan hangat oleh Andika selaku Marketing Industry dari Jababeka yang menyambut seluruh peserta yang hadir dan dilanjutkan dengan presentasi terkait waste management oleh Regi Risman Sandi yang merupakan salah satu tim dari Jababeka Infrastruktur kepada delegasi dari Czech Republic. Selanjutnya, dari pihak Delegasi Czech Republic, Alena Stojdlova selaku Head of Economic and Trade Affairs, dan Petr Novotny selaku CEO Essence Line, s.r.o., memberikan sambutan resmi serta memberikan presentasi yang informatif dan memaparkan proyek dan inisiatif yang sedang dijalankan serta peluang kolaborasi yang dapat diambil Bersama.

Perusahaan dari delegasi Czech Republic berencana memperluas cabang ke negara lain dengan fokus khusus pada proyek pengelolaan sampah (waste management project). Negara-negara yang memiliki potensi besar untuk proyek ini salah satunya adalah Indonesia. Di luar itu, mereka juga telah menginisiasi kegiatan serupa di negara Brazil dan Filipina. Kunjungan ke Jababeka dilakukan karena ketertarikan pada kawasan industri yang merupakan pionir dan kawasan industri terbesar di Indonesia serta dianggap sebagai referensi yang strategis untuk pengembangan bisnis mereka.

Delegasi Czech Republic tertarik untuk menjelajahi peluang bisnis di sektor pengelolaan sampah, dan mereka telah mengidentifikasi Indonesia sebagai tempat yang menjanjikan. Sementara itu, Jababeka selaku tuan rumah, menyambut delegasi dengan hangat dan mengatur sesi berbagi informasi yang berharga. Salah satu kegiatan dan inovasi yang mereka promosikan adalah pengembangan, produksi, dan pelayanan teknologi untuk daur ulang termokimia limbah plastik serta bahan sintetis lainnya dan menghasilkan minyak sebagai produk utama, serta gas dan residu padat sebagai produk sampingan.

Dari kunjungan ini, telah didapatkan dua manfaat utama. Pertama, Delegasi Czech Republic mendapatkan kesempatan untuk berbagi gagasan dan memperoleh wawasan tentang potensi bisnis mereka. Kemudian, Jababeka Infrastruktur dapat memperkenalkan rencana penerapan praktik pengelolaan sampah yang akan diimplementasikan di kompleks industri mereka. Harapan dari kedua belah pihak adalah agar kunjungan ini tidak hanya menjadi pertemuan formal, tetapi juga menjadi wadah untuk membangun jaringan, berbagi pengetahuan, pertukaran nilai, dan menciptakan peluang bisnis yang strategis dan bernilai. Dengan adanya kolaborasi seperti ini, diharapkan dapat terbentuk hubungan yang kuat antara delegasi Czech Republic dan Kawasan Industri Jababeka, yang akan memberikan manfaat baik secara ekonomi maupun lingkunga

FAQ